TERBARU…Budidaya MELON Pakai Pupuk Nasa VS Tidak Pakai Nasa

TERBARU…Budidaya MELON Pakai Pupuk Nasa VS Tidak Pakai Nasa

TERBARU…Budidaya MELON Pakai Pupuk Nasa VS Tidak Pakai Nasa

Cara Budidaya Melon – Melon (Cucumis melo L.) merupakan nama buah sekaligus tanaman yang menghasilkannya, yang termasuk dalam suku labu-labuan atau Cucurbitaceae. Buahnya biasanya dimakan segar sebagai buah meja atau diiris-iris sebagai campuran es buah. Bagian yang dimakan adalah daging buah (mesokarp). Teksturnya lunak, berwarna putih sampai merah, tergantung kultivarnya. (sumber : wikipedia)

Cara Budidaya Melon Pupuk Organik Nasa

Syarat Tumbuh Melon

Syarat tumbuh atau lahan pertanian yang cocok untuk budidaya melon ialah lahan dengan ketinggian berkisar antara 200 sampai 2000 m dpl. Dengan suhu 12-27 °C. Curah hujan ideal 2000 – 3000 mm/th.
Sinar matahari berkisar antara 10 – 12 jam per hari, tanah kaya bahan organik dengan pH 6,0 – 6,8. dengan kelembaban udara sekitar 70 -80 %. Lebih jauh mengenai syarat tumbuh melon.

Pengolahan Lahan Budidaya Melon

Lahan boleh menggunakan polybag atau tidak. Lahan disterilkan terlebih dahulu sebelum digunakan untuk penyemaian atau untuk tanam. Lahan digemburkan dan dibuat parit berjajar dan ditutup dengan plastik. Akan lebih baik lagi dicampur dengan tanah humus

Penyemaian

Untuk budidaya menggunakan polybag ditinggikan sekitar 30 sampai 40 cm dari permukaan tanah. Polybag dikumpulkan boleh berbentuk persegi panjang dan ditepinya diberi penyekat. Benih yang telah berkecambah dapat dipindah ke kantong polybag yang sudah siap. Benih dalam polybag harus selalu disiram secara kontinyu, pagi jam 06.00 dan sore jam 16.00, dan ingat jangan terlalu jenuh air

Menanam Melon

Setelah bibit melon berumur 2 minggu maka bibit dapat dipindah ke lahan budidaya. Jarak tanam sesuai dengan lubang pada mulsa yang telah disedia. Dalaman lubang tanam sekitar 10-15 cm. Begitu juga tanaman yang ditanam dengan polybag. Selanjutnya lakukan penyiraman yang tepat agar tanaman melon tumbuh dengan baik.

Pemeliharaan Budidaya Melon

Melakukan penyiraman secara rutin, penyulaman, penyiangan, pemupukan dan mengendalikan hama penyakit. Inlah yang mesti dilakukan semasa perawatan sampai tanaman melon siap di panen.

Pupuk Nasa Untuk Tanaman Melon

Pupuk yang digunakan adalah Poc Nasa dan Hormonik. Ambil 4 tutup Poc Nasa + 1tutup Hormonik campur dengan 15liter air. Semprotkan merata antara jam 07.00 – 12.00, waktu tersebut sangat efektif karena stomata daun terbuka.

Demikian artikel kami tentang Cara Budidaya Melon Pupuk Organik Nasa, semoga artikel ini bermanfaat.

Tinggalkan Balasan

Alamat email anda tidak akan dipublikasikan.