Peran Pupuk Organik NASA Untuk Kesuburan Tanah

Peran Pupuk Organik NASA Untuk Kesuburan Tanah

Peran Pupuk Organik NASA Untuk Kesuburan Tanah

Peran Pupuk Organik NASA Untuk Kesuburan Tanah

Pupuk Nasa – Masalah yang kerap dihadapi oleh para petani di Indonesia sesungguhnya adalah penurunan kualitas unsur hara dalam tanah. Hal ini selanjutnya berakibat pada penurunan kualitas dan kuantitas produksi panen komoditas agro yang di budidayakan. Repotnya, penurunan hasil produktivitas panen ini berlangsung dari tahun ke tahun. Bila hal ini tidak segera disadari oleh para pelaku agro Indonesia, bukan mustahil di masa yang akan datang lahan pertanian Indonesia tidak akan pernah menghasilkan apa-apa.

Banyak hal yang menyebabkan menurunnya kualitas unsur hara di dalam tanah. Selain karena semakin terkikis nya lapisan tanah sehingga humus musnah, polusi dan pencemaran lingkungan yang tinggi, juga eksploitasi tanah untuk kepentingan lain yang berakibat tanah menjadi rusak.

Di samping itu penyebab yang paling umum menurunnya kualitas unsur hara adalah pemakaian pupuk kimia dalam jumlah besar dan telah berlangsung selama berpuluh-puluh tahun. Penggunaan pupuk kimia yang berlebihan akan menyebabkan tanah berangsur-angsur menjadi keras dan padat, tidak poros (berongga-rongga), hingga musnah nya berbagai mikro organisme penting yang bermanfaat untuk mendukung kesuburan tanah.

Cara Kembalikan Kesuburan Tanah

Sebetulnya cara yang paling mudah untuk mengembalikan tingkat kesuburan tanah adalah dengan menggunakan pupuk organik. Bahan organik yang terkandung dalam pupuk organik sangat berpengaruh terhadap pasokan unsur hara di dalam tanah. Di samping itu juga menjaga sifat fisik, biologi dan kimia tanah.Peranan pupuk organik yang didalamnya terdapat bahan-bahan organik terhadap sifat fisik tanah meliputi struktur, konsistensi, porositas, daya mengikat air, dan menjaga ketahanan tanah terhadap erosi.

Pupuk organik dengan bahan organik merupakan salah satu pembentuk agregat tanah yang mempunyai peran sebagai bahan perekat antar partikel tanah. Komponen asam humat dan asam fulvat sebagai sementasi partikel tanah membentuk logam-humus. Pada tanah pasir pupuk organik mampu berperan sebagai pembentuk struktur tanah dari bentuk tunggal ke gumpal yang bermanfaat untuk mencegah porositas tinggi.

Manfaat Pupuk Organik Nasa

Pupuk organik juga mempunyai manfaat dalam memberikan media bagi kehidupan mikro organisme menguntungkan bagi kesuburan tanah dan mengurangi porositas pada tanah pasir, serta membantu aerasi pada tanah lempung.

Pupuk organik yang banyak direkomendasikan di Indonesia adalah pupuk organik produksi PT. Natural Nusantara atau biasa disebut pupuk organik NASA. Pupuk organik NASA mempunyai kandungan unsur yang lengkap, yaitu 13 unsur hara esensial yang sangat dibutuhkan tanaman serta bermanfaat untuk mengembalikan tingkat kesuburan tanah. Selain itu pupuk organik NASA juga mengandung senyawa polifenol yang sangat bermanfaat untuk membantu meningkatkan daya tahan tubuh tanaman terhadap serangan hama dan penyakit.

Nah, bila Anda ingin mendapatkan peningkatan hasil produksi dari komoditas agro yang Anda kelola, maka sudah saatnya Anda menggunakan pupuk organik NASA sebagai nutrisi yang sangat dibutuhkan untuk tanaman juga kelestarian lingkungan.

Pemakaian pupuk organik NASA dalam jangka panjang akan membantu mengembalikan tingkat kesuburan tanah dan meningkatkan kualitas unsur hara. Sehingga ke depan pertumbuhan tanaman akan semakin baik dari tahun ke tahun.

Baca Juga : Harga Pupuk Organik Nasa Per Wilayah Di Indonesia

Demikian artikel kami tentang Peran Pupuk Organik NASA Untuk Kesuburan Tanah, semoga artikel ini bermanfaat. Dapatkan Pupuk Organik Nasa di Website ini.

Tinggalkan Balasan

Alamat email anda tidak akan dipublikasikan.