Dosis Pupuk Nasa Untuk Kopi Yang paling Tepat

Dosis Pupuk Nasa Untuk Kopi Yang paling Tepat

Dosis Pupuk Nasa Untuk Kopi Yang paling Tepat

Tanaman kopi dengan teknologi organik merupakan salah satu jenis tanaman yang paling dicari di berbagai negara.

Selain alasan bebas pestisida tanaman kopi organik juga memiliki harga jual lebih tinggi dan baik untuk kesehatan. Budidaya kopi dengan metode tradisional saat ini telah memakai stek batang, biji, okulasi dan cangkok adalah dengan tujuan produktivitas akan jauh lebih menguntungkan.

PT Natural Nusantara memberi solusi bersama dengan paket panduan teknis dan produk organik tanpa melupakan ASPEK K-3 (Kualitas, Kuantitas, dan Kelestarian) yang sekarang menjadi salah satu prasyarat kompetisi di era Globalisasi.

Teknik budidaya kopi organik menerapkan pupuk Nasa sekarang ini selalu ditanyakan dengan baik melalui berbagi, berbicara melalui telepon dan lain-lain, sebab memang terbukti telah terbukti dan terbukti menghasilkan kopi di Indonesia dengan cepat dan murah.

Budidaya kopi organik dengan sistem pikat Nasa lebih mengedepankan maunya tanaman itu sendiri bukan maunya petani.

Pikat Pupuk Nasa Untuk Kopi

Sistem Pikat NASA sangat menentukan kebutuhan Mikro maupun Makro juga menyediakan asam humat dan Fulvat sehingga tanah akan tetap terjaga kesuburan nya.

Di indonesia sendiri tanaman kopi lebih-lebih kopi organik paling banyak peminatnya baik untuk konsumsi sendiri atau investasi ekspor tahun lalu meningkat peminat dan permintaannya.

Oleh karena itu, para petani kopi senantiasa bersiap untuk meningkatkan kualitas atau kualitas residu pestisida yang digunakan untuk pelestarian tanah.

Jika tidak disiapkan, negara lain yang akan mengambil komponen dengan sistem budidaya dan akan lebih canggih dari petani kita.

Persiapan Lahan Budidaya Kopi

  • Lahan karang / miring buat teras.
  • Kurangi / tambah pohon pelindung yang tumbuh cepat kira kira 1: 4 hingga 1: 8 dari jumlah tanaman kopi.
  • Siapkan pupuk sangkar matang sebanyak 25-50 kg, Sebarkan 1 pack GLIO ALAMI , Diamkan satu minggu dan buat lobang tanam 60 x 60, atau 75 x 75 cm dengan jarak tanam 2,5 x 2,5 hingga 2,75 x 2 , 75 m minimal 2 bulan sebelum tanam.

Pembibitan Kopi

  • Siapkan benih yang berkualitas dari pohon yang sudah terkenal produksinya biasanya dari penangkar benih terpercaya.
  • Buat kotak atau bumbunan tanah untuk persemaian dengan tebal lapisan pasir 5cm.
  • Buat pelindung dengan pelepah atau paranet dengan memenangkan berjenjang izin benih telah tumbuh.
  • Siram bibitan dengan rutin dengan memperhatikan kebasahan tanah bibit akan berkecambah kurang lebih 1 bulan.
  • Pilih benih yang sehat dan lakukan pemindahan ke polibag dengan hati-hati agar akar tidak putus / rusak pada umur 2-3 bulan semenjak permulaan pembenihan.
  • Pupuk NPK sebagai pupuk tambahan hingga usia 12 bulan.
  • Campurkan 1botol (500gr) SUPERNASA dalam 5 ltr air sehingga memenuhi persyaratan. Tiap-setiap 50 cc Diencerkan 0,5-1ltr siramkan perbibit.
  • Sesudah bibit berumur 4 bulan semprotkan 2 tutup POC NASA setiap tangki sampai berumur 7 – 9 bulan dan siapkan tanam.

Penanaman Kopi

  • Masukkan pupuk dengan campuran tanah.
  • Usahakan kompilasi tanam sudah selesai musim hujan.
  • Lakukan penyiraman tanah setelah tanam.
  • Hindarkan risiko kematian tanaman baru dari gangguan ternak.

Penyulaman

  • Lakukan penyulaman langsung jikalau tanaman mati atau gejala pertumbuhanya tidak normal.
  • Penyulaman dikerjakan saat musim hujan.

Pemupukan Kopi Dengan Pupuk Nasa

  • Pemupukkan NPK di 2 kali diberikan, Yaitu permulaan dan akhir musim hujan.
  • Setelah pemupukan disiram.
  • Metode pemupukan di buat lubang kecil memutari tanah tingginya 3/4 lebar tajuk, pupuk di pasang dan tutup tanah.
  • Akan lebih baik di tambah pupuk organik SUPERNASA (0-3 tahun) Dan KEKUATAN (Diatas 3 tahun) dosis satu botol untuk kurang lebih 200 tanaman. Satu botol SUPERNASA / POWERNUTRISI campuran dalam 5 liter udara (5000 ml) dibuat larutan induk. Kemudian setiap 5-10 liter udara terima kasih 50 ml Larutan Induk tsb, Untuk penyiraman 1 pohon atau setiap pohon.
  • Semprotkan POC NASA 3-4 tutup + HORMONIK 1tutup per tangki setiap-1-2 bulan sekali (selama masih terjangkau alat semprot Anda).

Pemangkasan

Pemangkasan dikontrol secara rutin selesai menyelesaikan panen untuk mengendalikan pertumbuhan, mengatur cabang tunas udara (wiwilan), mengurangi penguapan dan meningkatkan pemulihan pembentukan bunga, serta mengendalikan bagian tanaman yang rusak.

Pemangkasan Pada Permulaan Musim atau Akhir Musim

Cara Mengatasi Hama Dan Penyakit Kopi

A. Hama

  1. Bubuk Buah Kopi (stephanoderes hampei) serangan di penyimpanan buah atau saat masih dikebun. Pencegahan dengan PESTONA atau BVR secara bergantian.
  2. Hama cylobarus morigerus dan compactus (penggerek cabang), hami ini menyerang ranting dan cabang tanaman kopi, Pencegahan Dengan PESTONA.
  3. Hama pseudococcus citri (kutu dompolan), hama jenis ini menyerang kuncup bunga kopi, buah muda, ranting dan daun muda. Pencegahan pakai PESTONA, BVR atau PENTANA + AERO810 Selanjutnya bergantian.

B. Penyakit

  1. Penyakit karat daun yang menyebabkan jamur Hemileia vastatrix. Jamur ini akan membentuk spora dalam jumlah yg betul-betul banyak, Kemudian spora-spora akan masuk ke dalam jaringan daun untuk melakukan penetrasi yang membahas permukaan bawah kopi akan melipatgandakan kali pertama (ditandai dengan bercak warna kuning muda yang kemudian berubah warna kuning tua yang mengandung tepung terigu. Daun yang terserang jamur ini akan berguguran hingga tanaman kopi menjadi gundul. Pencegahan semprot Natural GLIO + POC NASA.
  2. Penyakit Jamur yang disebabkan oleh corticium salmonicolor: Kurangi kelembaban, kerok dan Pencegahannya oleskan batang / ranting dengan Natural GLIO + POC NASA.
  3. Penyakit Akar Hitam disebabkan oleh rosellina bunodes dan R. acuata. di daun kuning, layu, dibawa dan gugur. Pencegahan Permulaan Awal dengan Natural GLIO Natural sudah di campur pupuk kandang matang.
  4. Penyakit Akar Cokelat penyebebnya: fomes lamaoensis atau phellinus lamaoensis. Pencegahan dengan Natural GLIO yang sudah di campur pupuk sangkar matang.
  5. Penyakit Bercak Coklat Pada Daun penyebabnya: cercospora cafeicola berk et cooke. Pencagahan dengan Natural GLIO.
  6. Penyakit Mati Ujung Pada Ranting penyebabnya: Rhizoctonia. Pencegahan sejak awal gunakaN Natural GLIO.

Demikian artikel kami tentang Pupuk nasa Untuk Kopi, semoga artikel ini bermanfaat dan bisa dijadikan rekomendasi dalam Cara Pemupukan Kopi Yang Bagus.

Tinggalkan Balasan

Alamat email anda tidak akan dipublikasikan.