Cara Budidaya Vanili Dengan Pupuk Nasa Agar Berbuah Banyak

Cara Budidaya Vanili Dengan Pupuk Nasa Agar Berbuah Banyak

Cara Budidaya Vanili Dengan Pupuk Nasa Agar Berbuah Banyak

Budidaya Vanili Dengan Pupuk Nasa – Variates yang satu ini mungkin belum begitu banyak d ketahui oleh karangan para petani tradisional. Vanili adalah sebuah varietas yang sejenis dengan bunga anggrek yang hidup dengan menjalar pada sebuah batang atau tiang yang ada di dekatnya. Vanili saat ini sudah banyak di kembangkan oleh para petani modern dengan cara dan trik yang lebih cangih.

Tentang Buah Vanili

Vanili yang biasa kita kenal biasanya sudah dalam bentuk serbuk putih yang bisa di gunakan sebagai pengharum makanan, seperti kue, cake dan lain – lain. Bentuk sebelum jadi nampak pada gambar di bawah ini namun jika sudah di ekstrak akan di kemas dalam bentuk yang berbeda, seperti yang biasa kita kenal dan kita beli di warung atau supermarket.

Cara Budidaya Vanili Dengan Pupuk Nasa

Banyak cara budidaya Vanili di terapkan oleh para petani vanili. Mulai yang masih tradisional hingga sudah menggunakan teknologi modern. Jika memakai Cara Budidaya Vanili dengan cara tradisionl tentu membutuhkan lahan yang relatif cukup luas. Namun jika kita mau membudidayakan dengan cara modern tentu itu berbeda. lahan tak harus lebar dan tentu agak sedikit banyak biayanya. salah satunya dengan sistem Budidaya Vanili Dengan Pupuk Nasa.

Cara Budidaya Vanili Dengan Pupuk Nasa Agar Berbuah Banyak

Lakukan pemupukan pada tanaman vanili sekali dalam setahun. Dengan menggunakan Pupuk Organik Nasa yaitu Poc Nasa dan Hormonik.

Adapun dosisnya adalah 4 tutup Poc Nasa + 1 tutup Hormonik dicampur dengan 15 liter air, kemudian semprotkan pada tanaman Vanili secara merata.

Hama Dan Penyakit Tanaman

Hama dan penyakit tanaman pada buah vanili akan tetap ada dan sangat baragam, tapi tenang saja PT. Nasa sudah mempersiapkan untuk itu. Simak macam – macam hama dan penyakit tanaman dan cara mengatasinya.

Cara Pengendalian Hama Vanili

  • Bekicot – Menyerang dan merusak batang, bunga dan buah. Aktifitasnya biasa dilakukan pada malam hari. Pengendalian: secara manual dengan mengambil dan mengumpulkan bekicot satu persatu kemudian dibakar sekaligus dalam satu lubang.
  • Belalang pedang – Merusak/memakan daun muda dan batang panili. Pengendalian: menyemprotkan PESTONA atau Natural BVR.
  • Penggerek batang – Larva hama ini merusak/menggerek batang tanaman panili yang
    menyebabkan tanaman panili lambat laun layu dan mati. Pengendalian : penyemprotan PESTONA.
  • Ulat bulu jambul dan ulat geni – Merusak bagian pucuk, daun, batang dan bunga. Pengendalian bisa dengan : penyemprotan PESTONA.

Cara Pengendalian Penyakit Vanili

  • Busuk akar – Gejala : akar hitam, tanaman menjadi kecoklat-coklatan dan akhirnya mati; biasanya terjadi pada saat produksi tertinggi pertama kali tercapai. Pengendalian : menjaga kesuburan tanah dengan pemupukan, pemberian kapur secukupnya, dan mengatur kelembaban , pencegahan diawal bisa dengan Natural GLIO.
  • Busuk batang – Penyebab : jamur Fusarium batatatis. Gejala: pada batang terjadi bercak-bercak berwarna hitam yang akan meluas dan melingkar dengan cepat. Batang terserang akan keriput, berwarna coklat dan akhirnya kering. Pengendalian: mengurangi kelembaban dan drainase yang baik, saat stek akan ditanam dicelup dalam POC NASA + Natural GLIO.
  • Busuk buah – Ditemukan pada buah panili muda. Gejala : muncul bila menyerang pangkal buah muda sehingga banyak buah yang berguguran dan bila menyerang tengah buah akan hitam, kering selanjutnya mati. Pengendalian : untuk Budidaya Vanili Dengan Pupuk Nasa, penyemprotan bisa dengan Natural GLIO + gula pasir dosis 1-2 sendok teh per 10 liter air.

Cara Budidaya Vanili Dengan Pupuk Nasa Pemanenan

Pemetikan pada umur 240 hari (8 bulan) akan menghasilkan panili kering dengan kadar vanillin yang tinggi, kadar abu terendah, rendemen tertinggi dan kadar air yang aman.

Ciri-ciri panili siap dipanen yaitu warna berubah dari hijau tua mengkilap menjadi hijau muda suram dengan garis – garis kecil warna kuning yang lambat laun melebar sampai ujung buah. Musim panen antara bulan Mei sampai Juli, sekitar 2 – 3 bulan. Cara panen yang terbaik adalah memetik satu-persatu buah masak tanpa mengganggu buah lain dalam satu tandan yang masih mentah untuk menjaga mutu buah vanili.

Tahap Pasca Panen

Lakukan pelayuan untuk menghentikan proses respirasi yang terjadi dalam buah, mematikan sel – sel buah vanili tanpa mengurangi aktifitas dan kadar enzim dalam buah. Proses pelayuan dengan menggunakan alat perebus yang diisi air ¾ bagian dengan suhu antara 65-950 C. Lakukan pemeraman dalam kotak khusus yang lengkap dengan tutup dan karung goni sebagai alasnya, utuk pembentukan aroma selama + 48 jam.

Sekian artikel tentang Cara Budidaya Vanili Dengan Pupuk Nasa.

Tinggalkan Balasan

Alamat email anda tidak akan dipublikasikan.