Cara Budidaya Nanas Agar Berbuah Besar Pupuk Organik NASA

Cara Budidaya Nanas Agar Berbuah Besar Pupuk Organik NASA

Cara Budidaya Nanas Agar Berbuah Besar Pupuk Organik NASA

 

Cara Budidaya Nanas – Nanas, nenas, atau ananas (Ananas comosus (L.) Merr.) adalah sejenis tumbuhan tropis yang berasal dari Brasil, Bolivia, dan Paraguay Tumbuhan ini termasuk dalam familia nanas-nanasan (Famili Bromeliaceae).

Perawakan (habitus) tumbuhannya rendah, herba (menahun) dengan 30 atau lebih daun yang panjang, berujung tajam, tersusun dalam bentuk roset mengelilingi batang yang tebal. Buahnya dalam bahasa Inggris disebut sebagai pineapple karena bentuknya yang seperti pohon pinus. Nama ‘nanas’ berasal dari sebutan orang Tupi untuk buah ini: anana, yang bermakna “buah yang sangat baik”.

Cara Budidaya Nanas Agar Berbuah Besar Pupuk Organik NASA

Tips Pemilihan Bibit

Biasanya bibit buah nanas sendiri didapatkan dari hasil anakan nanas, atau secara vegetatif maupun generatif berdasarkan biji nanas. Untuk cara vegetatif sendiri, bibit nanas diambil dari tunas buah, tunas batang, tunas akar, stek batang dan mahkota buah. Namun untuk tunas batang sendiri biasanya jarang dipakai sebab membutuhkan waktu lama. Agar memperoleh bibit berkualitas, Anda pun mesti memilih langsung dari induk tanaman yang sehat, tak cacat, memiliki daun tebal dan tak terserang penyakit.

Langkah Persiapan Lahan Tanam

Lahan tanam nanas yang bagus disiapkan adalah tegalan yang digemburkan atau kebun, lalu tebar bokashi atau pupuk kandang dalam dosis sekitar 10 ton/ha. Untuk bedengan buat lebar 80 hingga 110 cm, dengan jarak bedengan sekitar 100 cm dan tinggi 30 cm.

Cara Menanam Buah Nanas

Cara menanam nanas berikutnya adalah tahap penanaman nanas.Nanas biasanya ditanam di musim penghujan awal supaya pertumbuhannya seragam dan cepat. Langkah pertama adalah buat lubang dalam bedengan memakai gancu atau cangkul pada ukuran sebesar 30 x 30 cm.

Kemudian masukan benih nanas yang sudah diseleksi secara tepat yakni biji benih tiap lubangnya. Lalu timbun memakai tanah kemudian injak supaya bibit tertancap baik serta tak mudah roboh. Selanjutnya siram sampai merata dan basah.

Pemupukan Tanaman Nanas

Pemupukan ini dapat dilakukan dengan menggunakan pupuk organic Pupuk Organik yang digunakan adalah Poc Nasa. Adapun dosisnya adalah 4tutup Poc Nasa dicampur dengan 15liter air kemudian semprotkan pada tanaman secara merata.

Cara Budidaya Tebu Agar Berbuah Besar Pupuk Organik NASA

Pengendalian Hama dan Penyakit

Pengendalian hama tanaman menggunakan Pestona, larutkan 5-10cc per 1liter air. Kemudian semprotkan pada tanaman yang terserang hama secara merata. Untuk hasil maksimal sebaiknya disemprot sesering mungkin minimal 3x per musim.

Panen Nanas

Masa panen dari buah nanas biasanya dilakukan ketika tanaman berusia 12 bulan. Sementara ciri-ciri nanas yang siap panen yaitu mata buah yang lebih mendatar, mahkota buah yang terbuka, berbentuk bulat dan tangkai buah yang mengecil. Cara panen nanas sendiri di pilih nanas masak dan harum, lalu potong bagian tangkai buah memakai pisau atau sabit.

Demikian artikel kami tentang Cara Budidaya Nanas Agar Berbuah Besar Pupuk Organik NASA, semoga artikel ini bermanfaat

Tinggalkan Balasan

Alamat email anda tidak akan dipublikasikan.